Rabu, 12 Maret 2014

Potensi Madu Gunung Sahilan

Hari ini aku baru saja mengunjungi kelompok petani madu hutan di Desa Sahilan Darusalam, Kec. Gunung Sahilan Kabupaten Kampar, Riau.

Salah seorang petani madu bernama santo menceritakan bahwa kelompoknya memanen madu pohon sialang 3 Kali dalam seminggu, dalam kelompoknya terdiri dari 3 orang dengan masing-masing tugas:
1. Tukang Panjat atau yang disebut Juagan
2. Penarik tali/bintik
3. Pemeras

Kelompok petani madu berangkat kelokasi pohon sialang pada pukul 6.00 WIB dan baru kembali pulang pada pukul 14.00 Wib setiap kali panen.

Jenis pohon sialang diwilayah Gunung Sahilan antara lain Pohon rengas (Gluta renghas), Pohon Kempas (Koompassia malaccensis), Kayu batu (Homalium
tomentosum
) dan pohon jenis lain yang menjadi tempat bagi lebah membuat sarangnya.

Selain madu hutan, kelompok tani juga memproduksi lilin yang berasal dari sarang lebah dengan proses yang masih sangat sederhana. berikut adalah dokumentasi hasil kunjunganku kegunung sahilan.
Saat ini kelompok tani masih menjual madu hasil panen ke tengkulak dengan harga jual yang sangat murah, namun diharapkan kedepan kelompok dapat mengemas madu maupun lilin serta mendapatkan pasar untuk menjual produk mereka.

1 komentar: